Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

Ciaaat Pencak Silat Indonesia Raih Juara Umum SEA Games 2023

May 11, 2023 artikel
Ciaaat Pencak Silat Indonesia Raih Juara Umum SEA Games 2023

Jakarta – Indonesia menjadi juara umum cabang Pencak Silat di SEA Games 2023 Kamboja dengan raihan sembilan medali emas. Pencapaian ini bikin bangga bukan cuma karena nyaris dua kali lipat melampaui target awalnya.

Puspa Arumsari, Khoirudin Mustakim, Muhammad Zaki Zikrillah Prasong, Tito Hendra Septia Kurnia, Iqbal Candra Pratama, Safira Dwi Meilanie, Jeni Elvis Kause, Atifa Fismawati, dan trio Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, Rano Slamet Nugraha, berhasil menggondol sembilan keping emas dari Pencak Silat di SEA Games 2023.

Hasil ini membuat Indonesia menjadi peraih medali emas terbanyak, alias juara umum, dalam cabang Pencak Silat di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu. Pencapaian tim Pencak Silat Indonesia di SEA Games 2023 jauh melampaui negara lain. Malaysia dan Vietnam berada di bawah Indonesia dengan raihan masing-masing 4 emas.

Selain 9 emas itu, para atlet Pencak Silat Indonesia juga meraih tambahan 6 perak dan 1 perunggu. Total ada 16 keping medali SEA Games 2023 yang dibawa pulang tim Pencak Silat Indonesia.

Pencak Silat Jauh Lampaui Target SEA Games 2023
Menjelang SEA Games 2023, hasil dalam Kejuaraan Dunia di Malaysia pada tahun lalu turut menjadi modal bagi tim Pencak Silat Indonesia. Saat itu Pencak Silat Indonesia menjadi juara umum dengan raihan 11 medali emas.

Hasil itu kemudian juga menjadi rujukan dalam mencanangkan target di SEA Games 2023. Minimal lima keping emas pun dibidik PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) yakni tiga dari nomor tanding dan dua dari nomor seni.

Nyatanya, raihan emas Pencak Silat Indonesia di SEA Games 2023 malah bertambah nyaris dua kali lipat dari target awal PB IPSI, yang sejak 2004 rutin dipimpin oleh Prabowo Subianto sebagai ketua umum.

Pencapaian membanggakan Pencak Silat di SEA Games 2023 ini bukan tidak mungkin akan kembali menggaungkan daya dan upaya Indonesia agar olahraga, sekaligus budaya bangsa, Indonesia itu bisa dipertandingkan di Olimpiade.

Harapan ini salah satunya dilontarkan oleh Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan Zainudin Amali, yang ketika itu masih menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga, pada saat pelantikan kepengurusan Prabowo Subianto selepas kembali terpilih sebagai Ketum PB IPSI periode 2021-2025.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Prabowo, di tengah kesibukannya sebagai Menteri Pertahanan, beliau tetap bersedia memimpin Ikatan Pencak Silat Indonesia karena kecintaannya kepada silat,” kata Marciano.

“Saya berharap dengan kerja keras dan dengan jaringan yang dimiliki Bapak Prabowo sebagai Ketum PB IPSI, sebagai Menteri Pertahanan, dan tokoh masyarakat, pencak silat dapat dipertandingkan pada Olimpiade.”

Pada saat itu Prabowo Subianto juga menegaskan tekadnya untuk bekerja keras dalam mewujudkan berbagai harapan tersebut. Ia juga meminta para pengurus yang berada di bawah kepemimpinannya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Saya ingin menegaskan bahwa kita di sini ini, untuk tulus mengabdi untuk Indonesia. Kepercayaan dari seluruh masyarakat silat dan masyarakat Indonesia tidak akan kita kecewakan,” tegas Prabowo Subianto.

BACA JUGA:

Write a comment