Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

Pasar Youtefa, Harmonisasi Dalam Keberagaman

April 4, 2023 artikel
Pasar Youtefa, Harmonisasi Dalam Keberagaman

Beberapa waktu lalu Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo mengunjungi pasar Youtefa yang berada di Kota Jayapura. Bagi anda yang penasaran seperti apa Pasar Youtefa hingga “memikat” hati Pak Jokowi dan Pak Prabowo untuk berkunjung kesana? Berikut fakta-fakta menarik yang kami rangkum:

Tentang Pasar Youtefa

Pasar Youtefa merupakan salah satu pasar tradisional terbesar yang ada di Kota Jayapura, dengan luas wilayah pasar ini sekitar 12 Ha dan memiliki jumlah pedagang yang cukup banyak. Pedagang yang ada di Pasar Youtefa bukan hanya berasal dari suku Papua saja akan tetapi ada juga yang berasal dari suku lain (pendatang) seperti suku Jawa, Makassar, Buton, Ambon dan Toraja.

Walaupun ada pedagang yang berasal dari berbagai suku pendatang tetapi masyarakat pedagang yang berasal dari suku Papua memiliki nilai kerharmonisan tersendiri dengan pedagang pendatang sehingga menambah rasa kekeluargaan antara sesama pedagang dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan pasar yang ada di daerah lain.

Pasar Youtefa ini terletak di Distrik Abepura Kota Jayapura, pasar ini menyediakan berbagai macam kebutuhan mulai dari kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan. Pasar ini menjadi tujuan utama pembeli untuk membeli berbagai macam kebutuhan sehari-hari terutama bahan pangan hasil dari ladang pedagang seperti sayur-mayur, buah-buahan, bumbu dapur, dan umbi-umbian serta berbagai jenis ikan segar hasil bumi alam Papua yang melimpah dari berbagai daerah.

Hal yang menjadi daya tarik lain dari pasar ini adalah barang yang dijual seperti sayur, dijual tidak berdasarkan takaran menimbang melainkan berdasarkan takaran yang sudah diatur oleh pedagangnya seperti dijual berdasarkan jumlah takaran (tumpukan).

Aktifitas Pasar

Aktivitas perdagangan yang ada di Pasar Youtefa ini terdiri dari dua aktivitas yaitu :

1.Pasar Koya (05:00 -7:30 WIT )

Yang dimaksud dengan pasar Koya di sini yaitu segala hasil pertanian dari daerah Koya yang diperdagangkan oleh penjual namun lokasinya di pasar Youtefa. Barang-barang yang dijual di pasar ini umumnya merupakan hasil pertanian seperti sayur-sayuran, buah-buahan, bumbu dapur dan hasil pertanian lainnya. Barang-barang yang dijual di pasar Koya ini harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan harga barang-barang di luar pasar Koya.

2.Pasar Reguler/Pasar Biasa (07:30 – 18:30 WIT)

Yang dimaksud dengan pasar reguler/pasar biasa di sini yaitu pasar yang melakukan aktivitas jual-beli seperti biasanya dengan harga barang yang normal. Pada pasar ini barang-barang yang dijual bukan hanya dari hasil pertanian tetapi juga dari hasil perairan (ikan, udang, cumi, dll) dan sembako, serta kebutuhan sandang dan papan.

Keunikan Pasar Youtefa

Keunikan lain yang ada di Pasar Youtefa yaitu pedagang lokal ( masyarakat asli Papua ) membawa barang dagangan mereka dengan menggunakan noken. Noken merupakan tas tradisional masyarakat papua yang terbuat dari serat kulit kayu biasanya dibawa dengan menggunakan kepala.

Noken ini sudah diakui dan terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya dari Papua. Yang menarik lainnya dari Pasar Youtefa ini yaitu yang paling menonjol dari semua dagangan adalah pinang dan sirih. Memakan Pinang dan sirih di Papua merupakan kebiasaan atau tradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang sehingga kebiasaan ini turun temurun hingga generasi sekarang.

Kebiasaan memakan pinang dan sirih dilakukan setiap hari bagi masyarakat Papua baik orang tua, kaum remaja maupun anak-anak sehingga tidak heran hampir di setiap sudut jalan di Pasar Youtefa ini kita temukan pedagang pinang dan sirih.

Di Pasar Youtefa sirih berikut pinang mendominasi lapak-lapak para pedagang. Sebagai pasar tradisional terbesar yang ada di Jayapura, para pedagang banyak yang berjualan di tempat ini. Bahkan mereka harus rela bermalam di jalan untuk sampai ke tempat ini. Terutama para pedagang yang tinggal di ladang mereka di pebukitan.

Baca Juga : Lagi, Menhan Prabowo Dampingi Presiden Jokowi ke Papua

-DAR-