Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

Sudaryono Siapkan Pentas Besar Untuk Sanggar Tari di Sragen: Cerita Soal Majapahit Hingga Demak

May 18, 2024 artikel
Sudaryono Siapkan Pentas Besar Untuk Sanggar Tari di Sragen: Cerita Soal Majapahit Hingga Demak

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono melakukan konsolidasi ke seluruh pengurus partai di daerah tersebut, usai memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden terpilih.

Di sela-sela kunjungannya di Sragen, Sudaryono yang kini tengah digadang menjadi calon gubernur dalam Pilgub Jateng ini menyempatkan diri ke Sanggar Tancep Sedap Malam di Desa Sukerejo, Jumat (18/5).

Di sana, Sudaryono disambut hangat oleh ibu-ibu dan anak-anak yang menampilkan Tari Tayub, tarian khas Sragen yang kian terpinggirkan. Senyum lebar terpancar dari wajahnya saat menyaksikan kelincahan dan semangat anak-anak dalam melestarikan budaya leluhur.

“Saya merasa bahagia dan bangga anak-anak ini masih mau melestarikan Tari Tayub,” ungkap Sudaryono di sela-sela acara.

Lebih dari sekadar hiburan, Sudaryono melihat potensi ekonomi yang besar dalam Tari Tayub. Sering ditampilkan dalam berbagai acara, seperti pernikahan, festival, dan pertunjukan seni, tari ini bisa menjadi sumber pendapatan bagi para seniman dan masyarakat setempat.

“Tari tayub ini harus terus dilestarikan dan dikembangkan. Kita harus bantu mereka tampil di panggung besar, dibikin koreografi kolosal,” ujarnya penuh semangat.

Sebagai Direktur Utama Garuda TV, Sudaryono memiliki visi untuk memajukan budaya nusantara melalui berbagai program dan platform yang dimiliki Garuda TV. Ia ingin Garuda TV menjadi wadah bagi generasi muda untuk belajar, mengenal, dan mencintai kekayaan budaya bangsa.

“Kebetulan saya Dirut Garuda TV. Saya ingin pentas (anak-anak ini) disiapkan sedemikian rupa. Saya siapkan Garuda TV. Saya sangat mendukung budaya ini, bukan hanya dilestarikan, tapi harus dibesarkan. Harus ada pagelaran dan dukungan,” tegasnya.

Adapun kunjungan Sudaryono ke Sanggar Tancep Sedap Malam menjadi bukti komitmennya dalam melestarikan budaya dan memberdayakan generasi muda. Ia ingin Tari Tayub kembali berjaya, mengantarkan Indonesia pada masa kejayaan budayanya.

Sudaryono, akrab disapa Mas Dar, dikenal sebagai sosok yang peduli dengan budaya. Ia aktif dalam berbagai kegiatan budaya dan selalu berusaha untuk mengangkat budaya lokal.

Kunjungannya ke Sanggar Tancep Sedap Malam bukan hanya sebuah aksi spontan. Sudaryono telah lama mengamati potensi Tari Tayub dan ingin membantunya berkembang.

“Saya ingin anak-anak ini mendapatkan kesempatan untuk tampil di panggung besar. Saya ingin mereka bangga dengan budaya mereka,” ujarnya.

Sudaryono yakin bahwa dengan dukungan dan pembinaan yang tepat, Tari Tayub dapat kembali menjadi bagian penting dari budaya Indonesia. Ia berharap generasi muda dapat terus belajar dan mencintai budaya leluhur, sehingga kekayaan budaya bangsa dapat terus dilestarikan.

Dengan dukungan dari Sudaryono dan Garuda TV, Tari Tayub memiliki peluang besar untuk kembali berjaya. Generasi muda akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan melestarikan tarian ini, sekaligus mendapatkan manfaat ekonomi darinya.

BACA JUGA: Warga Purworejo Berdoa Sudaryono Maju Cagub Jateng: Petani Sejati Mesti Dukung Anak Petani

Write a comment