Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

Survei SPIN: Masyarakat Jateng Ingin Sudaryono Jadi Gubernur

June 8, 2024 artikel
Survei SPIN: Masyarakat Jateng Ingin Sudaryono Jadi Gubernur

Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terbaru terkait kekuatan calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024. Hasilnya, elektabilitas Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, menempati posisi pertama dibanding calon lainnya.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara mengatakan, nama Sudaryono menempati urutan pertama saat pihaknya memberikan pertanyaan secara tertutup kepada 1.070 responden dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Mereka diberikan pertanyaan secara tertutup mengenai pilihan gubernur jika pemilihan dilakukan pada hari ini. Secara spontan dan mengejutkan yang menjadi top of mind adalah Sudaryono.

“Dalam simulasi pertanyaan tertutup, elektabilitas Sudaryono semakin menguat dan menduduki posisi puncak dengan dukungan 20,7 persen pemilih. Hal ini menjadikannya unggul atas pesaing terdekatnya, seperti Hendrar Prihadi dan Taj Yasin Maimoen,” ungkap Igor saat mengumumkan hasil survei.

Di mana Hendrar Prihadi hanya meraih 13,3 persen suara, diikuti oleh Taj Yasin dengan 13,1 persen, dan Dico Ganinduto dengan 8,3 persen. Igor juga menyatakan bahwa terdapat penurunan dalam dukungan bagi calon lainnya dibandingkan dengan hasil simulasi top of mind sebelumnya.

“Calon lainnya, seperti Ahmad Luthfi dengan 4,7 persen dan Muhammad Yusuf Chudlori dengan 4,4 persen, mengalami penurunan dalam tingkat dukungan,” tambah Igor.

Igor melanjutkan, setidaknya ada lima alasan Sudaryono berada diposisi pertama dalam temuan survei pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024. Pertama, Sudaryono mendapat efek limpahan (spill over) dari elektabilitas Prabowo-Gibran.

“Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden ini berhasil memenangkan Pilpres secara Nasional dan Juga di Jawa Tengah yang diketahui adalah basis PDIP dan Ganjar,” ujarnya.

Kedua, Ia begitu merakyat karena concern terhadap UMKM. Sudaryono merupakan ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).

“Kita ketahui Bersama melalui itu ia memulai kampanye nya mengembangkan puluhan ribu UMKM baru di Jateng. contoh: Sudaryono punya program “warung juang” yang diprakarsai Prabowo Subianto (Desember 2022) dengan persebaran 40 persen dan terus meningkat di Jateng,” ujarnya.

Ketiga, Sudaryono juga punya kepribadian merakyat karena concern terhadap Petani, Program 3i (inovasi, investasi, inkubasi) ternyata sangat disukai dan diapresiasi oleh penduduk Jateng terutama yang berprofesi sebagai petani.

“Gerakan Tani Merdeka yang diinisiasi olehnya memudahkan petani mendapatkan pupuk langsung . Ia menargetkan membangun 6 ribu Posko di Jateng,” katanya.

Keempat, demikian juga perhatiannya terhadap nelayan di Jateng. 526 ribu nelayan berkontribusi tidak kecil terhadap perekonomian Jateng. Disamping itu, ia juga punya komitmen kuat meningkatkan produksi garam dan pengolahan budidaya ikan.

“Kelima, Tagline Sudaryono : #JatengMajuMapan ternyata disukai oleh generasi muda Jateng,” katanya.

Adapun survei SPIN di Jawa Tengah ini dilakukan pada tanggal 27 Mei-4 Juni 2024 dengan total jumlah sampel 1070 respoden dengan Margin of Error +/- 3,0 persen dengan tinkgat kepercayaan 95 persen.

Kriteria responden adalah penduduk berusia 17 tahun keatas atau sudah memiliki KTP. Sementara sebaran sampel tersebar di 35 Kabupaten/Kota, dengan teknik pencuplikan sampel Multistage random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner. Kontrol kualitas 10 persen dari sampel.

BACA JUGA: Soal Cagub Jateng Sudaryono, Prabowo: Tunggu Ada Waktunya

Write a comment