Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

Budiman Sudjatmiko Makin Mantap Dukung Prabowo

August 7, 2023 artikel
Budiman Sudjatmiko Makin Mantap Dukung Prabowo

Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko melakukan perenungan selama 25 tahun terhadap lawan-lawannya saat jadi aktivis di masa Orde Baru, salah satunya Prabowo Subianto. Perenungan panjang tersebut berujung Budiman menemui Prabowo.
Budiman menjelaskan bahwa dirinya dan Prabowo pernah berhadapan saat proses menumbangkan Orde Baru, saat itu dia adalah aktivis dan Prabowo merupakan prajurit TNI. Pertemuan dengan Prabowo pada Selasa (18/7) malam merupakan inisiatifnya sendiri.

“Saya mau bercerita kenapa alasan saya pada akhirnya bertemu dengan Bapak Prabowo di malam 1 Muharam? Itu adalah keputusan yang saya pikirkan setelah 23 tahun atas inisiatif saya sendiri,” kata Budiman Sudjatmiko, Senin (7/8/2023).

Hal itu disampaikan Budiman ketika mengisi diskusi di acara deklarasi Relawan Persatuan Nasional di Deli Serdang, Sumatera Utara. Lebih lanjut, Budiman mengaku pernah bertemu dengan Prabowo sebelumnya, namun bukan atas inisiatif dirinya.

“Tentu saya pernah bertemu dengan Pak Prabowo pada waktu beliau dicalonkan sebagai wakil presiden di tahun 2009 saat beliau mendampingi Ibu Megawati di Pilpres 2009. Saya kebetulan pada waktu dipercaya sebagai Koordinator Nasional Badan Saksi untuk Pilpres, tapi setidaknya pertemuan saya dengan Pak Prabowo bukan atas inisiatif saya, itu atas tugas partai yang harus mengawal Ibu Mega dan Pak Prabowo sebagai capres dan cawapres,” ucapnya.

Budiman mengaku banyak melakukan perenungan. Banyak pertanyaan yang muncul di benaknya terkait perasaan dendam dan marah kepada lawannya dulu.

“Salah satunya begini ‘kenapa saat saya bertemu dengan orang-orang yang pernah menghadapi saya, berhadapan dengan saya, baik itu yang dulu pernah menangkap saya, baik itu yang dulu pernah menginterogasi saya, baik itu hakim yang pernah memvonis saya 13 tahun penjara, baik itu orang yang pernah membocorkan tempat saya bersembunyi sehingga saya dan teman-teman saya ditangkap dan akhirnya saya divonis 13 tahun penjara. Kenapa saat saya bertemu, tuan guru, kok tidak pernah setitik pun saya punya rasa marah dan dendam,” ungkapnya.

Kemudian Budiman mengaku telah merenungkan itu sejak terakhir ditangkap pada 1996. Dia membutuhkan 25 tahun untuk memperoleh jawaban atas beragam pertanyaan itu.

“Saya merenungkan itu 25 tahun, sejak saya ditangkap terakhir 96. Saya ditangkap sudah 6 kali bapak ibu, sejak SMA. Bukan karena narkoba, bukan karena korupsi, tapi karena diskusi, demo begitu lah kira-kira,” bebernya.

Dalam perenungan tersebut, Budiman mencari jawaban kenapa dia tidak pernah marah kepada lawan-lawannya dulu. Pada akhirnya, Budiman mengambil kesimpulan jika orang-orang tersebut merupakan yang dikirim Tuhan sebagai sahabat terselubungnya untuk menempah dirinya.

“Tapi kenapa saya saat bertemu dengan orang-orang yang pernah (berhadapan dengan saya), saya tidak pernah ada rada kekesalan, nggak. Saya butuh 25 tajun untuk mencerna, jangan-jangan orang yang di dunia itu pernah berhadapan dengan saya dikirim oleh Tuhan bukan untuk memperburuk tabiat saya, tapi untuk mengingatkan ‘Hei Budiman, aku kirim orang-orang itu untuk menjadi sahabat-sahabat terselubung mu. Aku kirim orang-orang yang tampak sebagai lawan itu sesungguhnya ku kirim mereka’ kira-kira seperti itu saya tafsirkan kata-kata Allah SWT ‘ku kirim orang-orang di dunia tampak sebagai lawan mu itu sesungguhnya mereka adalah kawan-kawan terselubungmu yang belum kamu ketahui untuk mengajari kamu satu keberanian, bukan kepengecutan, untuk mengajari kamu bahwa jika punya cita-cita jangan berharap kemudahan,” ucapnya.

BACA JUGA: Relawan Khofifah Deklarasi Dukung Prabowo Presiden 2024

Write a comment