Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

3 Alasan Mengapa Kamu Harus Belanja di Pasar

February 23, 2023 artikel
3 Alasan Mengapa Kamu Harus Belanja di Pasar

Pembeli sekarang ini banyak dimudahkan secara online karena praktis. Namun, sebagian masih memilih belanja di pasar tradisional karena menarik dan memiliki keuntungan tersendiri. Apa saja alasan konsumen memilih belanja langsung ke pasar?

Alasan Mengapa Harus Belanja Langsung ke Pasar

Mengapa konsumen lebih suka berbelanja di pasar? Ya, ada beberapa alasan yang mendasari konsumen harus ke pasar untuk membeli segala kebutuhan sehari-hari.

Berikut 3 alasan mengapa konsumen lebih suka berbelanja dengan langsung datang ke pasar, yaitu:

1. Dapat Tawar Menawar Harga

Pasar tradisional tidak pernah mematok harga pasti dalam menjual berbagai barang. Misalnya saja sayuran, buah-buahan, pakaian bahkan alat masak. Konsumen dapat tawar menawar harga sampai harga level terendah untuk pembeliannya.

Harga minimal akan memberi keuntungan karena dapat menghemat pengeluaran. Dengan menawar harga, uang kelebihannya bisa untuk membeli barang lain sesuai kebutuhan. Hal ini tidak akan didapatkan jika beli ke toko atau online shop.

2. Banyak Pilihan Produk

Alasan kedua adalah adanya banyak pilihan produk di pasar. Pasar menawarkan berbagai barang dagangan mulai dari harga murah hingga mahal. Tawaran harga mulai dari harga grosir atau satuan.

Semuanya tersedia lengkap tergantung konsumen memilih barang yang mana. Jika pandai memilih barang, konsumen dapat mendapatkan barang bagus sesuai keinginan.

3. Pusatnya Kuliner Legendaris

Berbelanja di pasar tradisional merupakan contoh sikap peduli dengan pedagang menengah ke bawah. Pasar tradisional menawarkan berbagai kuliner legendaris yang merupakan wacana suguhan lokal dan wajib dilestarikan. Harganya juga masih terjangkau bahkan murah meriah.

Pada umumnya, jajanan jadul memberi nuansa lain dan hanya ada di pasar tradisional. Jajajan seperti ini langka dan jarang ditemui pada pasar modern atau penjualan online. Sebagian besar penjual adalah warga setempat yang dekat pasar.

Dengan membelinya otomatis dapat meningkatkan kesejahteraan warga dan mampu meningkatkan perekonomian sekitar. Maka alasan ketiga ini membeli ruang lingkup lebih luas tentang ekonomi, kearifan lokal dan pelestarian resep jaman dulu yang mulai terkikis.

Selain tiga alasan di atas, banyak alasan lain, misalnya lebih ekonomis, lebih mudah dan dapat bertatap muka langsung dengan penjual. Komunikasi seperti ini akan memberi kenyamanan tersendiri baik bagi pembeli atau penjualnya.

Penutup

Salah satu alasan mengapa orang lebih suka belanja di pasar karena penghematan. Selain itu banyak pilihan produk dengan harga minimalis. Alasan lain yang tidak bisa tergantikan adalah berbagai jajanan legendaris yang bisa dibeli dengan mudah dan harga terjangkau.

Baca Juga:Politik Stabilitas Harga Bahan Pokok

2 Comments

Comments are closed.