Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

Kian Licin, Minyak Kita Sulit Didapat

February 23, 2023 artikel
Kian Licin, Minyak Kita Sulit Didapat

Akhir-akhir ini Minyak Kita sulit didapat di pasaran. Kelangkaan minyak goreng menjadi hal serius yang meresahkan warga. Semakin langka, warga semakin menjerit karena harga kebutuhan pokok lain juga semakin melejit.

Kian Licin, Minyakkita Sulit Didapat

Adakah yang belum tahu apa itu Minyak Kita? Minyak Kita atau Minyakita adalah minyak goreng jenis curah. Kemasannya sederhana dan salah satu program Kementerian Perdagangan dalam menunjang perekonomian rakyat.

Minyak Kita merupakan minyak goreng dengan kualitas bagus dan memiliki kandungan lengkap berupa vitamin A dan vitamin E. Minyak juga diklaim rendah kandungan minyak jenuh atau minyak jahat sehingga aman dikonsumsi.

Semakin licin dalam penanganan minyak goreng membuat keresahan warga meningkat. Harga juga tidak pernah turun bahkan cenderung naik terus tanpa adanya toleransi.

Harga eceran minyak curah tertinggi dahulu adalah 14 ribuan saja per liternya. Semakin hari, selain minyak dari negara ini langka harganya juga melonjak naik 2000 rupiah mencapai 16.000 per liter.

Minyak goreng murah ini memang harapan warga karena mampu menghemat pengeluaran di saat semua harga kebutuhan pokok beranjak naik. Langka dan mahalnya minyak pemerintah membuat daya beli masyarakat menurun sehingga penjual juga mengeluh karena sepi pembeli.

Baca Juga: Menteri Rumah Tangga Menjerit Beras Kian Mahal

Penyebab Minyak Goreng Langka

Beberapa tahun sebelumnya kejadian minyak goreng susah didapat selalu menimbulkan kepanikan. Ada banyak faktor penyebab minyak goreng begitu langka di pasaran, antara lain:

1. Penimbunan

Penyebab minyak langka adanya oknum yang melakukan penimbunan minyak goreng. Penimbunan tentu saja melanggar hukum tapi tetap ada yang melakukannya. Akibat penimbunan  distribusi minyakita ke masyarakat tersendat dan tidak optimal.

Untuk meminimalisir penimbunan adanya satgas yang bertugas melakukan pengecekan secara rutin. Dengan demikian penimbunan tidak terjadi dan barang sampai ke warga dengan lancar.

2. Meningkatnya Harga CPO

Crude Palm Oil atau CPO internasional yang mahal menjadi faktor langkanya minyak goreng dalam negeri. Dengan demikian banyak produsen memilih menjual produk ke luar negeri daripada pasar sendiri.

3. Distribusi Tersendat

Selain adanya penimbunan dan harga CPO yang selangit, pendistribusian minyak ke warga tersendat karena adanya permainan dalam memperoleh keuntungan personal atau perusahaan. Proses pendistribusian menjadi tidak lancar dan tersendat ke arus bawah.

Masih banyak faktor lain yang mendorong langkanya minyak goreng. Namun, ketiga faktor di atas sudah mewakili kendala kenapa minyak goreng Minyak Kita begitu langka di pasaran.

Penutup

Mengatasi Minyak Kita sulit didapat memang bukan hal mudah. Banyak faktor penyebab dan mencakup banyak komponen yang berkepentingan. Sederhana saja, hanya menginginkan minyak goreng lancar dan tidak langka dengan harga terjangkau masyarakat luas.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Kamu Harus Belanja di Pasar

1 Comment

Comments are closed.