Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

Realitas Pendidikan: Ilmu VS Ijazah, mana yang lebih penting?

February 7, 2023 artikel
Realitas Pendidikan: Ilmu VS Ijazah, mana yang lebih penting?

Dalam pendidikan formal, ijazah dan ilmu merupakan dua aspek yang saling berkaitan, bahkan seperti pasangan yang serasi.

Keduanya merupakan orientasi utama bagi siswa di semua jenjang pendidikan, meskipun disorientasi dan bahkan anomali yang terkait dengan masalah ini tidak jarang terjadi.

Faktanya, sebagian besar pencari ilmu lebih mementingkan hasil daripada proses, ijazah daripada ilmu, dan gelar yang tinggi lebih penting daripada memperdalam ilmu.

Nah kali ini kami akan membahas tentang penting mana ilmu vs ijazah? simak saja langsung di bawah ini akan pengertian dari ilmu dan ijazah.

Baca Juga: UMKM Sebagai Ujung Tombak Perekonomian Indonesia

Pengertian Ilmu

Ilmu Adalah pengetahuan tentang suatu bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu, dapat dijelaskan secara rinci, dan memiliki kebenaran universal. Pengetahuan adalah informasi tentang peristiwa yang belum teruji kebenarannya.

Karena terbukti secara ilmiah dan objektif. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, ilmu sangat bermanfaat bagi semua orang. Dari sebuah ilmu kita mulai mengetahui kebenaran dan banyak hal.

Manfaat ilmu Bagi Kehidupan Kita

Dalam kehidupan dunia, ilmu pengetahuan memegang peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan manusia. Berbagai prestasi yang telah dicapai umat manusia saat ini tidak lepas dari peran ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, setiap orang harus menyadari pentingnya mencari ilmu. Lebih jauh, hampir semua agama menyatakan bahwa ilmu meningkatkan kebaikan setiap orang.

Dengan ilmu, seseorang dapat berprestasi dalam kehidupan sosial. Secara umum, berikut adalah beberapa manfaat pengetahuan:

1. Untuk Berhasil Meraih Kesuksesan

Hampir bisa dipastikan, kesuksesan atau keberhasilan seseorang selalu berkaitan dengan ilmu yang dimiliki. Semakin tinggi pengetahuan seseorang, semakin besar peluang keberhasilannya.

Banyak pengusaha yang sudah membuktikan bahwa ilmu bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih sukses.

2. Membuat Keputusan Berdasarkan Informasi

Manfaat ilmu untuk akhirat adalah memungkinkan seseorang mengambil keputusan yang bijak.

Orang yang berilmu cenderung lebih cerdas dan berhati-hati dalam menghadapi berbagai masalah.

3. Memudahkan Ibadah

Tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa pengetahuan, manusia tidak dapat bertahan hidup. Ilmu dibutuhkan hampir di semua bidang kehidupan, terutama dalam ibadah.

Dengan ilmu, manusia dapat mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pengertian Ijazah

Ijazah adalah surat asli dan bukti sah bahwa seorang siswa telah lulus dari lembaga pendidikan tinggi.

Diploma diberikan kepada lulusan pendidikan akademik dan kejuruan sebagai pengakuan atas prestasi akademik dan/atau penyelesaian suatu program studi yang diakui oleh lembaga pendidikan tinggi.

Ijazah yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi memuat informasi seperti nama perguruan tinggi yang diikuti, mata kuliah yang diambil, dan gelar yang menjadi hak lulusan.

Jika lulusan terbukti menjiplak, sekolah dapat menyatakan ijazahnya tidak sah dan mencabut gelarnya.

Manfaat Ijazah

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari sebuah ijazah, seperti yang sudah tercantum di bawah ini silahkan anda simak sampai akhir ya!

1. Persyaratan Untuk Jenjang Pendidikan Lanjutan

Mereka yang telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan tertentu dan berniat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pasti membutuhkan ijazah terakhir sebagai syarat utama sebelum diterima di lembaga pendidikan yang bersangkutan.

Tentu kita tidak pernah mendengar siswa lulusan SMP tiba-tiba menempuh jalur pendidikan ke perguruan tinggi bukan? Oleh karena itu, ijazah memegang peranan penting dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2. Sebagai Tempat Untuk Membuktikan Kepintaran Anda

Walaupun ijazah tidak sepenuhnya menentukan kualitas atau kecerdasan seseorang, namun 100% sesuai dengan kenyataan dan dibuktikan oleh setiap lulusan.

Namun, hal ini dapat dihindari dengan melihat tempat asal atau pendidikan.

3. Dapat Mengidentifikasi Diri Sendiri

Di tempat kerja, hal pertama yang menentukan identitas Anda tentu saja ijazah Anda.

mengapa demikian?

Ini karena selembar kertas yang disebut ijazah memberitahu Anda siapa diri Anda, kemampuan Anda, atau seberapa pintar Anda.

Kesimpulan

Ilmu merupakan salah satu kebutuhan yang penting dan sangat harus dimiliki oleh setiap manusia. Dengan ilmu, seseorang dapat meningkatkan derajatnya dan juga berkesempatan untuk menjadikan hidupnya lebih baik.

Sedangkan ,Ijazah masa depan seseorang. Ijazah bukan sekedar bukti kelulusan dari suatu institusi, tetapi menjadi bukti identitas bagi calon lulusan.

maka dari itu ilmu dan juga ijazah sangat penting bagi kita semua dan sama sama dibutuhkan untuk jenjang pendidikan. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan yang penting bagi anda.

Baca Juga: Bukan Cuma Helm ber-SNI, Pasar Juga Ada SNI nya

Taggs:
1 Comment

Comments are closed.