Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA
Sudaryono B. Eng., M.M, MBA

Ketua DPD Gerindra Jateng

Chairman Traditional Market Traders Association

Enterpreneur

Military Background

Politician

BLOG MAS DAR

Pedagang Pasar Melek Politik

February 12, 2023 artikel
Pedagang Pasar Melek Politik

Tidak hanya tokoh-tokoh politik saja yang harus melek politik. Saat ini, berbagai pihak juga diharapkan melek politik baik itu pengusaha, seniman dan lainnya termasuk juga pedagang pasar. Lantas mengapa sih perlu pedagang melek politik?

Selain generasi muda melek politik yang dituntut oleh pemerintah, ternyata pegagang juga diharapkan agar bisa memiliki kesadaran akan hal-hal politik sekaligus bisa melakukan hal-hal yang kreatif. Lantas apa sih maksud melek politik?

Pengertian Melek Politik

Sebelum membahas mengenai pengertian pedagang melek politik akan dibahas lebih dulu terkait istilah melek politik. Jadi, melek politik sendiri ialah upaya dimana seseorang akan belajar dan terlibat lebih jauh pada persoalan politik.

Melek politik berarti mempelajari dan memahami perkembangan terkait permasalahan politik secara lebih mendalam. Hal ini penting dilakukan dalam aktivitas politik agar bisa berjalan semestinya dan tidak mengarah pada tindakan yang politik yang menyimpang.

Pengertian Pedagang Melek Politik

Setelah tahu mengenai pengertian melek politik maka kini bisa dibahas mengenai apa itu pedagang melek politik. Jadi maksud dari pernyataan tersebut ialah seseorang yang mendalami lebih lanjut dan mengikuti permasalahan politik dimana seseorang tersebut merupakan pedagang.

Dengan demikian, saat ini di Indonesia memiliki banyak sekali jenis usaha sehingga jumlah pedagang pun terus melimpah. Perbicaraan mengenai politik sebenarnya tidak hanya berada di ruang politikus saja melainkan dari warung ke warung.

Untuk itu, pedagang pun diharapkan melek politik sehingga bisa mengikuti perkembangan terkait permasalahan politik yang ada. Walaupun pedagang tidak terjun langsung pada bidang politik secara praktis namun bukan berarti tidak boleh turut serta dalam berbagai solusi pemecahan politik.

Tujuan Melek Politik

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa melek politik ini menjadi hal-hal yang penting untuk dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan merata. Berikut ialah tujuan melek politik untuk seluruh masyarakat termasuk pedagang.

Revitalisasi Pemahaman Politik

Penting diketahui apabila pendidikan politik ini bisa menjadikan seseorang memberikan pengaruh pada orang-orang lain mengenai persoalan politik. Adapun tujuan pertama melek politik ini ialah revitalisasi terkait pemahaman politik.

Politik tidak hanya berupa berapa kursi di badan legislatif, namun pemahaman akan kesadaran terhadap publik, pembagian kekuasaan dan pertarungannya, kekuasan wakil rakyat dan untuk siapa. Hal-hal yang salah kaprah perlu dibenahi dengan pemahaman politik.

Menciptakan Kesadaran Politik

Melek politik ini berarti kesadaran politik. Dengan kesadaran ini masyarakat seperti pedagang akan lebih paham terkait dunia politik yang terdapat di Indonesia sehingga bisa memahami apabila terjadi suatu kesalahan atau penyimpangan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh politik.

Penutup

Baiklah mungkin sampai disini saja bahasan mengenai pedagang yang melek terhadap politik. Semoga beberapa hal yang disampaikan di atas bisa memberikan manfaat untuk Anda semua!

Baca juga: Dukung Digitalisasi Pasar, Sudaryono: Pedagang Jadi Melek Teknologi

1 Comment

Comments are closed.